Semua info yang perlu kamu tau tentang CM

Pada General Assembly (GA) CM yang pertama (18 November 2010), kami mengusung tema “Iman Katolik: Apa Keistimewaannya?” Dengan gayanya yang khas, Romo Ipong memberi sedikit gambaran mengenai kata ‘Katolik’ itu sendiri. Akar katanya adalah dari bahasa Yunani “holos” atau dalam bahasa Inggris “whole” yang berarti keseluruhan. Jadi terjemahan bebasnya adalah all are welcome, siapapun diterima menjadi anggota; baik yang kudus ataupun yang bejad.

Memang benar begitu kenyataannya. Kita punya cukup banyak orang kudus, ada Santo/Santa, Paus, Uskup, juga para Pastor. Tetapi kita juga tidak dapat mengelak bahwa Joseph Stalin dan Adolf Hitler adalah juga bagian dari jemaat Katolik. Itulah mengapa Katolik diartikan sebagai universal.

Nah, apa yang bisa kita petik dari pernyataan ini? Sederhana saja, yaitu bahwa Gereja Katolik merupakan kumpulan dari orang-orang berdosa yang mau membaharui diri. Saya, Anda, bahkan Paus sekalipun adalah orang berdosa, tetapi Allah Bapa yang Maharahim mau menerima kita sebagai umatNya dan saya percaya bahwa kita semua pasti selalu mau membaharui diri agar memiliki kehidupan yang semakin baik, yang semakin serupa dengan Yesus, tentunya dengan menyadari betapa berdosanya kita.

Keistimewaan inilah yang menjadi salah satu ciri khas Gereja Katolik. Kita semua adalah umat-umat pilihan Allah yang bersatu di dalam Gereja ini. Lalu, sebuah pertanyaan cukup menggelitik yang dilontarkan Romo Ipong ketika itu adalah, “Mengapa kita tetap beragama Katolik? Apa sebenarnya yang menarik dari iman kita ini bagi kita masing-masing secara pribadi?”

Ada yang menjawab karena mencintai tradisi Gereja Katolik yang sangat kaya, ada pula yang jatuh cinta karena doa dalam Gereja Katolik sangat banyak macamnya, dan banyak juga yang bingung mau menjawab apa. Saya rasa, pertanyaan tersebut sangat baik untuk kita renungkan. Sekian lama kita memeluk agama Katolik dan merasa sangat mencintai iman kita ini. Namun, apa sebenarnya alasan yang paling mendalam atas kesetiaan kita pada Gereja Katolik? Mari kita temukan jawaban itu secara pribadi 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: